Warga Nanggung Keluhkan Pelayanan BPJS di RSUD Leuwiliang: Setiap Viral Baru Dibenahi
Bogor, VIVA Bogor — Keluhan terhadap pelayanan pasien pengguna BPJS di RSUD Leuwiliang kembali mencuat. Lili, salah satu warga Kecamatan Nanggung, mengaku kecewa dengan lambannya pelayanan yang diterima masyarakat ketika menggunakan BPJS di rumah sakit tersebut.
“Kami bingung dengan pelayanan RSUD Leuwiliang, bukan hanya saya saja yang mengeluh, hampir rata masyarakat di Kecamatan Nanggung juga merasakan hal yang sama. Pelayanan bagi pengguna BPJS sering terlambat,” Ungkap Lili Kepada anggota dewan dalam kegiatan Reses DPRD Dapil V yang di selenggarakan di Kecamatan Nanggung, Senin, 06 Oktober 2025.
Menurutnya, keluhan serupa telah berulang kali terjadi. Setiap kali muncul sorotan publik atau dilakukan sidak, barulah pihak rumah sakit memperbaiki pelayanan. Namun, kondisi itu tidak bertahan lama.
“Sudah beberapa kali kejadian seperti ini. Kalau sudah viral atau disidak baru diperbaiki. Tapi setelah itu terulang lagi. Heran, kenapa selalu begitu,” ungkapnya.
Lili menyampaikan langsung keluhan tersebut dalam kegiatan reses masa sidang I tahun 2025–2026 anggota DPRD Kabupaten Bogor daerah pemilihan (dapil) V. Ia berharap para wakil rakyat segera menindaklanjuti agar permasalahan ini tidak terus berulang.
“Saya minta kepada anggota dewan dapil V agar masalah ini diselesaikan. Jangan ada lagi perbedaan pelayanan antara pasien umum dan pengguna BPJS. Semua masyarakat punya hak yang sama untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik,” tegasnya.
Ia juga menambahkan bahwa pelayanan BPJS di RSUD Leuwiliang sangat berbeda dibandingkan dengan rumah sakit daerah lain. “Entah kenapa, di rumah sakit lain pelayanan BPJS bisa cepat dan baik, tapi di Leuwiliang kok berbeda sekali. Kami semua heran,” tutup Lili.