Gandeng Materai.ID, Bank Mandiri Perkuat Penerimaan Negara Lewat Layanan Pembelian e-Meterai
Jakarta – Bank Mandiri terus berkomitmen memperkuat perannya sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung pembangunan nasional dan optimalisasi pendapatan negara. Bersinergi dengan PT. Satulink Lintas Indonesia (Materai.ID), Bank Mandiri menghadirkan layanan pembelian Meterai Elektronik (e-Meterai) melalui fitur Sukha di Livin’ by Mandiri.
Langkah ini menjadi wujud nyata sinergi perbankan dan pemerintah dalam memperluas akses masyarakat terhadap layanan legal digital, sekaligus mendorong penerimaan negara dari Bea meterai di era transaksi elektronik.
SVP Transaction Banking Retail & Sales Bank Mandiri, Erin Young menegaskan, kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Bank Mandiri dalam mengakselerasi transformasi digital sekaligus memperkaya ekosistem Livin’ by Mandiri.
“Sebagai mitra strategis pemerintah, Bank Mandiri berkomitmen untuk mendukung pembangunan nasional melalui optimalisasi pendapatan negara dari bea materai. Dengan integrasi layanan Materai.ID di Sukha, nasabah kini dapat membeli e-Meterai dengan mudah, aman, cepat, dan terverifikasi langsung lewat genggaman,” ujar Erin dalam keterangan resminya pada Kamis (28/8/2025).
Adapun Chief Commercial Officer PT. Satulink Lintas Indonesia Lufthi Hallif mengungkapkan antusiasmenya terhadap kerja sama ini. Kerja sama ini dapat diharapkan bisa mendorong pertumbuhan perekonomian.
“Kami percaya integrasi Materai.ID dengan Bank Mandiri dapat membantu masyarakat semakin mudah dalam mengakses layanan legal digital, terutama dalam era transaksi elektronik yang terus berkembang,” kata Lufthi.
Langkah ini diharapkan dapat mendorong adopsi e-Meterai yang lebih luas dan mudah oleh masyarakat, pelaku usaha, dan institusi, serta memperkuat posisi Bank Mandiri sebagai pelopor integrasi layanan gaya hidup digital yang lengkap dan terpercaya. Kolaborasi ini sejalan dengan semangat HUT RI ke-80 yang mengusung tema ‘Bersatu Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju’.